Sabung Ayam Online – Dalam sebuah pertarungan antar ayam, sering sekali ditemukan ayam mengalami cedera baik itu karena terkena patukan atau pukulan kaki ayam lawan yang dihadapinya, bukan hanya itu saja stamina ayam akan terkuras habis untuk menjalani pertarungan tersebut. Akibatnya, ayam akan mengalami kelelahan yang luar biasa setelah selesai bertarung. Jika perawatan untuk ayam setelah bertarung diabaikan maka akan menyebabkan resiko buruk terhadap kesehatan ayam tersebut.

Ayam bisa saja akan mengalami infeksi dari luka yang telah dialaminya ataupun kelumpuhan yang seakan-akan ayam terlihat mengalami ketakutan. Ditambah ayam akan bisa kehilangan nafsu untuk makan, maka dari itu perlu dilakukan perawatan khusus setelah ayam selesai bertarung agar stamina dan mentalnya kembali sedia kala.

Cara Merawat Ayam Aduan Setelah Siap Bertarung

Berikut ini cara merawat ayam aduan setelah siap bertarung :

  1. Untuk mencegah terjadinya infeksi, berikan antibiotik kepada bagian yang mengalami luka yang diderita oleh ayam. Jangan menggunakan obat luka seperti larutan iodium karena dapat membakar kulit ayam dan bekas luka akan menjadi susah untuk menghilang.
  2. Segera tutup semua luka apabila ada terjadi pembuluh darah yang bocor ataupun putus dengan cara dijahit. Jika paruh ayam terlepas maka usahakan pasang kembali dengan cara mengikat paruh ayam dengan menggunakan benang ke jengger.
  3. Setelah mengalami kelelahan dan beberapa luka dibagian tertentu ketika selesai bertarung maka secara alami ayam biasanya akan tidak nafsu untuk makan. Untuk kondisi seperti itu maka berikanlah susu cair secara langsung ke dalam tembolok ayam. Caranya adalah dengan menggunakan suntikan yang berukuran besar yang ujungnya diberikan selang. Apabila ayam tetap tidak mau makan, maka jangan terlalu dipaksakan dan anda harus tetap sabar untuk merawatnya.
  4. Kondisikan ayam di tempat yang terpisah dari ayam-ayam lainnya. Setelah nafsu makan ayam sudah kembali normal, maka masukkanlah beberapa ayam betina ke dalam kandangnya untuk membangkitkan kembali gairahnya. Perlu anda ingat bahwa ayam harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan asupan gizi yang baik setelah bertarung. Jangan terburu-buru untuk mempertarungkan ayam kembali di arena pertarungan.
  5. Berikan pakan yang bergizi yang penuh akan karbohidrat dan protein. Setelah kembali normal, berikanlah sedikit pellet yang dicampur dengan susu cair. Selain itu, air minum harus tersedia setiap saat jangan sampai habis.

Itulah beberapa cara merawat ayam aduan setelah siap bertarung dan Anda dapat melatih ayam Anda kembali setelah dua mingggu ataupun lebih. Untuk latihan yang awal, biar ayam diumbar di dalam kandangnya sendiri. Semoga informasi yang diberikan oleh Wahanabet dapat bermanfaat bagi Anda pecinta sabung ayam.

This image has an empty alt attribute; its file name is logo_wahana-3.png
This image has an empty alt attribute; its file name is daftar-sekarang-wahanabet-1.gif

Tag Terkait :